Minggu, 01 April 2012

Variabel Bebas

Posted by Junaidi 05.42, under | 1 comment

Variabel bebas yang terkait dengan konsep Pengaruh Psikologis adalah:

a. Variabel Motivasi
Motivasi merupakan dorongan bagi seseorang untuk melakukan suatu tindakan untuk memenuhi kebutuhannya. Indikatornya adalah:
- Kebutuhan biogenik, merupakan motif alamiah (biologis), yaitu: rasa aman, kekuatan.
- Kebutuhan psikogenik, merupakan motif menghindari untuk tidak ditertawakan dan kehilangan muka, dan medapatkan kebanggaan diri (ego-defense motive), dan motif untuk menaikkan pengakuan orang lain, mempertahankan prestise (ego-bolstering motive).

b. Variabel Sikap
Sikap adalah suatu evaluasi kognitif (kesadaran), perasaan emosional (afektif), dan kecenderungan tindakan seseorang terhadap suatu obyek(konatif). Indikatornya adalah:
- kognitif (kesadaran), kesadaran dalam hal ini adalah kesadaran terhadap produk yang akan dibeli, baik untuk kandungan, fungsi/ manfaat dan kemasan produk.
- Avektif (perasaan), perasaan terhadap produk yang akan dibeli, baik perasaan tidak senang atau senang, ketidaktertarikan atau ketertarikan suatu produk.
- Konatif (Perilaku atau kesiapsiagaan untuk berperilaku).

Variabel bebas yang terkait dengan konsep sosial adalah kelompok referensi yaitu: orang yang dijadikan dasar penilaian seseorang atau sebagai sumber standar pribadi. Indikatornya adalah: (1) kelompok primer, yaitu keluarga ( istri atau suami, anak, kakak atau adik, dan paman atau bibi), teman, tetangga, dan rekan kerja; dan (2) kelompok sekunder yaitu kelompok keagamaan, profesi (tukang), kelompok asosiasi (kontraktor) & perdagangan (toko bahan bangunan/pengecer).

Variabel bebas yang terkait dengan konsep Marketing Mix adalah:
a. Variabel produk
Produk adalah segala sesuatu yang memiliki nilai di suatu pasar sasaran dimana kemampuannya dapat memberikan manfaat dan kepuasan. Adapun indikatornya adalah: produk inti, produk aktual (formal), dan produk tambahan.
b. Variabel harga
Harga adalah jumlah uang atau nilai yang ditukarkan konsumen terhadap barang atau jasa untuk mendapatkan manfaat. Indikatornya adalah: harga yang diharapkan dan harga yang dibayar.
c. Variabel Promosi
Promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran, yang artinya adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, membujuk, dan mengingatkan pasar agar mau menerima, membeli, loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Indikator dari variabel promosi dalam penelitian adalah: iklan dan publisitas.
d. Variabel Distribusi
Distribusi adalah suatu kegiatan pemasaran yang berusaha untuk memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan keperluan (jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat yang dibutuhkan). Indikator variabel distribusi adalah:
- Waktu untuk mendapatkan barang.
Lama atau pendeknya waktu yang digunakan oleh rumah tangga dalam memperoleh produk semen di toko bahan bangunan terdekat.
- Biaya untuk mendapatkan barang.
Biaya meliputi biaya keseluruhan yang dikeluarkan untuk mendapatkan produk.

1 komentar:

thank you mas bro..

Posting Komentar

bisnis paling gratis

Tags

Blog Archive