Sabtu, 03 Maret 2012

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Posted by Junaidi 22.32, under ,,, | No comments

Hasil belajar atau prestasi belajar siswa dapat diketahui melalui penilaian prestasi belajar atau rapor. Hasil belajar yang dicapai tiap-tiap anak tidaklah sama, hal ini disebabkan adanya beberapa faktor baik dari dalam diri anak (internal) dan dari luar diri siswa (eksternal) seperti yang dikemukakan oleh Slameto (2003:54) meliputi dua faktor yaitu intern dan ekstern.


Faktor intern terdiri dari faktor psikologis yang meliputi intelegensi dan motif sebagai berikut.
  1. Intelegensi adalah kecakapan yang terdiri dari 3 jenis yaitu kecakapan untuk menghadapi dan menyesuaikan kedalam situasi yang baru dengan cepat dan efektif, mengetahui atau menggunakan konsep-konsep yang abstrak secara efektif, mengetahui korelasi dan mempelajarinya dengan cepat. Intelegensi besar pengaruhnya terhadap kemajuan belajar. Dalam situasi yang sama, siswa yang mempunyai tingkat intelegensi tinggi akan lebih berhasil daripada yang mempunyai intelegensi yang rendah.
  2. Motif adalah daya penggerak di dalam diri orang melakukan aktivitas untuk mencapai tujuan. Motif akan berubah menjadi motivasi apabila motif sudah menjadi aktif pada saat-saat tertentu contohnya motivasi siswa dalam belajar. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak psikis didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar itu demi mencapai suatu tujuan.

Faktor sekolah meliputi metode mengajar, alat pengPelajaran, dan keadaan gedung sebagai berikut.
  1. Metode mengajar merupakan suatu cara atau jalan yang harus dilalui dalam proses belajar mengajar. Mengajar itu sendiri adalah menurut Karo adalah menyajikan bahan pelajaran oleh orang kepada orang lain agar orang lain itu menerima, menguasai, dan mengembangkannya. Didalam dunia pendidikan yang dimaksud dengan orang lain adalah siswa atau murid dan mahasiswa yang dalam proses belajar agar dapat menerima, menguasai dan lebih-lebih mengembangkan bahan pelajaran. Sedangkan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar akan mempengaruhi cara belajar siswa. Sehingga supaya siswa dapat belajar dengan baik, maka metode mengajar guru harus diusahakan secara tepat, efisien dan efektif.
  2. Alat pengajaran sangat erat hubungannya dengan cara belajar siswa, karena alat pelajaran yang dipakai oleh guru pada waktu mengajar dipakai pula oleh siswa untuk menerima bahan yang diajarkan. Alat pelajaran yang lengkap dan tepat akan memperlancar penerimaan bahan pelajaran yang diberikan kepada siswa. Jika siswa mudah menerima pelajaran dan menguasainya, maka belajar akan menjadi lebih giat dan lebih maju. Mengusahakan alat pelajaran yang baik dan lengkap adalah perlu agar guru dapat mengajar dengan baik sehingga siswa dapat menerima pelajaran dengan baik serta dapat belajar dengan baik pula.
  3. Keadaan gedung harus disesuaikan dengan jumlah siswa serta variasi karakteristik siswa yang masing-masing menuntut keadaan gedung harus memadai di dalam setiap kelas. Siswa bisa belajar dengan leluasa dan nyaman apabila mendapatkan sarana dan prasarana yang baik (Slameto, 2003:65)
Berdasarkan uraian dari di atas, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar adalah hasil atau pencapaian yang diperoleh siswa dari aktivitas belajar yang dinyatakan dalam bentuk angka. Adapun indikator dari prestasi belajar adalah informasi verbal, ketrampilan intelek, strategi kognitif, ketrampilan motorik, dan sikap. Dalam penelitian ini prestasi belajar dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orangtua dan motivasi siswa.

0 komentar:

Posting Komentar

bisnis paling gratis

Tags

Blog Archive